Selasa, 22 Februari 2011

Sekilas tentang Ubuntu

Linux merupakan salah satu  pengembangan dari UNIX.  Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Trovald. Salah satu Turunan Linux adalah Distro Ubuntu atau disebut Ubuntu saja. Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian dan memiliki interface desktop. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia“. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua“.didalam Ubuntu juga terdapat repository . Repository adalah adalah sekumpulan paket-paket aplikasi atau program untuk sebuah sistem operasi yang digunakan untuk menunjang kinerja dari sebuah aplikasi, program, dan sebagainya yang didapatkan dari Server Mirror website paket-paket tersebut Ubuntu selalu keluar versi terbaru setiap 6 bulan sekali yakni versi 04 keluar bulan April dan versi 10 keluar bulan Oktober ada juga yang disebut LTS atau Long Term Support ( dukungan jangka Panjang ).
Linux pada dasarnya adalah sistem operasi Windows & DOS yang beroperasi di PC. Seperti juga Windows yang juga mempunyai banyak versi, ada Windows 3.11, 3.12, 95, 98, Millenium Edition, NT, 2000, dll. Pada Linux, kita juga mengenal banyak sekali distribusi Linux versi Indonesia, yaitu Linux Merdeka. Memang berbeda dengan Windows/DOS yang semuanya dibuat oleh satu perusahaan yaitu Microsoft. Berbagai distribusi Linux ini, dikembangkan oleh banyak kelompok orang/perusahaan di belakangnya.
Perbedaan yang paling fundamental antara Windows dan Linux terutama di masalah Hak Cipta-nya. Windows adalah ilegal/melanggar hukum jika kita mengcopy/membajak CD-nya untuk diperdagangkan. Pada Linux, memang perangkat lunak tersebut bebas/gratis bisa diperoleh di internet, dapat dicopy ke CD dengan bebas, semua tanpa ada konsekuensi pelanggaran terhadap hukum,. Karena Linux menggunakan hak cipta publik yang dikenal sebagai GNU Public Lisence(GPL). Prinsip dasar GPL berbeda dengan hak cipta yang biasa digunakan oleh banyak orang termasuk Undang-Undang Hak Cipta yang dikembangkan di Indonesia. GPL pada dasarnya berusaha membu]erikan kebebasan seluas-luasnya bagi pencipta perangakat lunak untuk mengembangkan kreasi perangkatnya dan menyebarkannya secara bebas di publik. Tentunya, dalam penggunaan GPL ini kita masih diikat degan norma, nilai dan etika, misalnya tidak etis jika kita mengambil software GPL kemudian mengemasnya menjadi software lain dan mengaku-ngaku behwa software tersebut adalah buatan kita.

Untuk aplikasi jaringan dan server seperti Internet sebetulnya Linux mempunyai kemampuan di atas Windows, karena pada dasarnya Linux berkembang di komunitas Internet. Banyak sekali aplikasiyang dapat digunakan di Linux untuk mendukung jaringan internet sebagai pengguna biasa (e-mail, Web, chatting, mendengarkan lagu MP3 dll), memang pada aplikasi end user Internet Windows berusaha keras untuk menyaingi apa yang ada di Linux terutama terlihat sekali dengan Media Player versi 7 yang ada pada WindowsME.

Windows cukup kalah telak di aplikasi server terurtama Internet, aplikasi Webserver, proxy server, firewall, mail server, Samba, dll, cukup komplek dan posisikan Linux cukup berada di muka dibandinkan Windows. Pada aplikasi server umumnya x-Windows tidak lagi digunakan di Linux, oleh karena itu Linux biasanya lebih hemat resources(memory & harddisk) dibandingkan Windows.

Sialnya Linux cukup kalah telak dari Windows untuk aplikasi Office-nya, harus diakui bahwa Microsoft Office termasuk tool yang sangat enak untuk bekerja di PC untuk menyiapkan presentasi, tilisan, laporan, agenda dll. Memang komunitas Linux berusaha keras untuk mengejar ketinggalannya dengan mengembangkan StarOffice yang dimotori oleh Sun Microsystems agar dapat dapat digunakan secara cuma-cuma di atas Linux.

Salah satu kelebihan utama Linux adalah dukungan dari komunitas Linux yang tersebar dalam berbagai mailing list/tempat diskusi melalui e-mail di Internet. Melalui mailing list tersebut, seseorang yang mengalami kesulitan dalam menggunakan Linux akan dapat dengan mudah memperoleh bantuan dari orang lain. Prinsip gotong royong terasa sangat kuat di komunitas pengguna Linux.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar